Mengenal Cloud Accounting Software

Saat ini seringkali kita mendengar istilah Cloud Computing, Secara garis besar cloud computing ini menggabungkan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet yang menggunakan “awan” (cloud) sebagai metafora dari internet. Cloud computing ini pada akhirnya digunakan oleh software provider untuk pengembangan produknya, termasuk software akuntansi.

Apa sih Cloud Accounting Software?

Cloud accounting software tidak jauh berbeda dengan software akuntansi sebelumnya yang menggunakan installer dan diinstal sendiri, yang membedakan hanya software accounting ini disimpan pada remote server. Data dikirim ke “cloud” dimana data diproses dan dikembalikan ke user. Semua fungsi aplikasi dilakukan off-site, tidak melalui desktop user. Pada cloud computing, user mengakses aplikasi software yang dioperasikan melalui internet atau jaringan lainnya via aplikasi cloud service provider. Dengan menggunakan software cloud accounting, maka sebuah usaha tidak perlu menginstal atau me-maintain software pada desktop komputer. Hal ini juga memungkinkan karyawan pada bagian lain, kantor cabang untuk mengakses data yang sama dengan versi software yang sama pula.

Dengan adanya cloud accounting akan mempermudah mendapatkan laporan yang real-time dan dapat dilihat oleh seluruh orang dalam organisasi atau bisnis anda.
Penggunaan yang berbasis berlangganan sangat populer di provider cloud accounting, dan metode ini berbasis pada penggunaan. Perusahaan yang membayar langganan cloud accounting akan menerima software setelah diterima, tanpa adanya tambahan biaya apapun.

Apa perbedaan Cloud Accounting dengan Accounting Software Desktop?

Ada beberapa perbedaan yang mencolok antara cloud accounting dan desktop accounting. Pertama, cloud accounting lebih fleksibel. Data akunting bisa diakses darimana saja, dengan perangkat apapun selama tersedia koneksi internet, tidak seperti desktop accounting yang hanya bisa diakses di komputer tertentu. Kedua, tidak seperti software akuntansi desktop, software cloud accounting meng-update data keuangan secara otomatis dan menyajikan laporan keuangan secara real-time. Artinya, saldo akan selalu akurat dan memperkecil resiko kesalahan seperti yang terjadi pada entry data secara manual. Cloud Accounting juga mampu mengerjakan multi currency dan transaksi multi-company dengan lebih efisien.

Cloud accounting tidak membutuhkan maintenance yang rumit. Provider cloud melengkapinya dengan backup, update yang otomatis dan komputer perusahaan tidak perlu mengunduh atau menginstal apapun.

Apakah data keuangan aman dengan Cloud Accounting?

Cloud accounting memberikan layanan yang lebih aman dalam penyimpanan informasi keuangan daripada desktop accounting software. Misalnya, komputer atau laptop yang didalamnya berisi informasi keuangan yang sangat penting bisa saja hilang atau dicuri yang dapat mengakibatkan penyalahgunaan informasi. Dengan cloud accounting, data keuangan tidak tersimpan di komputer perusahaan dan data di cloud dienkripsi dengan password yang aman.

Anda juga tidak perlu khawatir jika ingin men-share data. Dengan cloud accounting, untuk saling berbagi data, orang yang akan memberi dan menerima data harus memiliki hak mengakses sistem yang sama dengan password unik yang diberikan.

Yang terakhir provider cloud biasanya memiliki back-up server di dua atau lebih lokasi. Jika ada satu sever dalam jaringan yang mengalami gangguan, anda masih bisa mengakses data.

Dengan adanya teknologi cloud accounting ini maka akan memungkinkan akses data yang semakin cepat, akurat, real time dan aman. Ini akan mempermudah pelaku usaha dalam memonitor laporan keuangan dimanapun dan kapanpun sehingga dapat mengambil keputusan dengan cepat dan akurat.

Sumber:https://zahiraccounting.com/id/blog/mengenal-cloud-accounting-software/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *