Jasa-Akuntan.Com | Jasa Akuntansi | Jasa Akuntansi Pajak | Jasa Laporan Keuangan | Jasa Sistem Infromasi Akuntansi | Konsultan Akuntansi Jasa Akuntansi Pajak dan Laporan Keuangan

BAGAIMANA CARA KERJA KAMI

Agar dapat mencapai laporan keuangan yang menghemat waktu serta keakuratan yang bisa dipercayai, diperlukanlah peranti yang bisa menyokong itu semua, sebut saja software akuntansi. Software ini menjadi kebutuhan yang menguntungkan sebab ia dapat mengolah perintah pencatatan transaksi jurnal, mempostingnya ke buku besar, hingga menghasilkan laporan keuangan dan grafik analisis kinerja keuangan perusahaan dalam hitungan detik. Inilah yang dinamakan dengan sistem informasi akuntansi terapan dalam bentuk software akuntansi.

Dalam proses penyusunan laporan keuangannya, kami menggunakan software akuntansi yang memiliki dua bentuk yang sengaja dibuat berdasarkan keperluan penggunanya. Adapun dua bentuk yang dimaksud meliputi:

1. Software Akuntansi Desktop
Software ini berupa program yang harus diinstal terlebih dahulu ke sistem operasi yang mendukungnya di perangkat komputer. Ia tidak harus disambungkan dengan internet karena proses pengoperasiannya dilakukan secara offline dan berdiri sendiri baik dioperasikan secara tunggal maupun majemuk dengan LAN (Local Area Network).

2. Software Akuntansi Online (cloud accounting)
Software akuntansi online memiliki fungsi yang sama dengan software akuntansi desktop hanya saja perbedaannya yakni berbasis web. Software akuntansi online hanya dapat dijalankan menggunakan peramban situs (web browser) yang kompatibel dan tentunya memerlukan sambungan internet. Perlunya sambungan internet sebab ia dipersiapkan dari server dan penyimpanan database juga berada di server penyedia.

Dalam penerapannya, kami merekomendasikan klien agar menggunakan sistem akuntansi online karena memiliki beberapa keuntungan dari segi manfaat, diantaranya:
a. Bisa Online Antar Cabang
Mengontrol operasional cabang menjadi lebih mudah karena adanya fasilitas online antar cabang.

b. Transaksi Secara Real Time Online
Setiap transaksi bisnis dan akuntansi yang terjadi bisa diketahui pada saat itu juga karena adanya laporan atau data yang tersaji secara real time online.

c. Mengakses Melalui Browser di Berbagai Perangkat
Pengguna dapat menggunakan software akuntansi online melalui browser dengan menggunakan berbagai perangkat.

d. Biaya Investasi Yang Lebih Terjangkau
Menggunakan akuntansi online dapat memberikan efisiensi pada pengadaan perangkatnya, karena pada prinsipnya untuk menggunakannya cukup melalaui browser saja.

Software akuntansi online atau cloud accounting menjadi tren baru yang cukup banyak diminati oleh pengusaha. Mengapa? Berikut ini alasan dan keuntungannya:
• Lebih Sederhana
Software akuntansi online memberikan tahapan permulaan pengoperasian yang lebih sederhana dibandingkan dengan software akuntansi desktop.
• Cukup Menggunakan Web Browser
Pengguna hanya perlu membuka peramban web di komputer atau tablet kemudian mengetik URL khusus agar dapat tersambung ke server penyedia.
• Lebih Praktis & Mudah
Pengguna tidak perlu lagi menginstal software akuntansi di komputer, lebih praktis dan lebih mudah
• Kelola Database Lebih Aman & Mudah
Tidak perlu bersusah-susah mengamankan database karena penyimpanan database langsung di server penyedia dengan mekanisme cloud computing dengan tingkat keamanan yang tepercaya.

Fitur Canggih Software Akuntansi Online
Software akuntansi online dibuat dengan fitur canggih untuk menunjang perkembangan bisnis Anda:
• Analisis Bisnis
Digunakan untuk analisis laporan keuangan dalam bentuk grafik untuk memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis.
• Mengelola Proyek
Digunakan untuk analisis laporan keuangan dalam bentuk grafik untuk memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis.
• Department & Job Costing
Digunakan untuk mengelola dan menganggarkan biaya-biaya tiap departemen dan proyek.
• Transaksi Jasa
Digunakan untuk mencatat transaksi pembelian dan penjualan jasa baik secara tunai maupun nontunai, mengelola utang dan piutang, dan mencetak faktur.
• General Ledger
Digunakan untuk mencatat transaksi jurnal umum seperti penyusutan, penyesuaian, melihat buku besar, dll.
• Giro Mundur
Digunakan untuk mencatat metode pembayaran menggunakan giro pada transaksi dan kapan saatnya giro tersebut akan dicairkan atau mungkin dibatalkan.
• Rekonsiliasi Bank
Digunakan untuk mencocokkan saldo buku besar dengan saldo bank (rekening koran).
• Kas dan Bank
Digunakan untuk mencatat transaksi pemasukan dan pengeluaran kas & bank.